Categories
Uncategorized

Pentingnya Digitalisasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Fourah Bay

Di Era Informasi ini, teknologi Informasi telah merevolusi setiap aspek kehidupan manusia sehingga generasi sekarang dapat disebut sebagai digital natives. Teknologi informasi ini telah membawa dunia menjadi global dalam hal penyebaran informasi. Dengan latar belakang inilah Sutton (2008) membayangkan “Teknologi Informasi telah mengubah dunia dengan cepat saat ini.” Ini riset uhamka ditegaskan dalam perubahan masalah budaya, sosial, ekonomi dan pendidikan dengan kehidupan. Dalam hal ini, dampak Teknologi Informasi telah dirasakan di rumah Anda, pendidikan, pertahanan dan keamanan kesehatan, keuangan dan perdagangan, industri dan di kantor. Perkembangan teknologi ini selain berdampak langsung pada lembaga informasi tradisional seperti perpustakaan.

Hubungan Teknologi Informasi dengan perpustakaan di dunia akademis telah pada kegiatan yang berkaitan dengan rutinitas pemeliharaan internal seperti memperoleh, membuat katalog, kontrol serial, sirkulasi bahan perpustakaan, mengelola statistik dan pengambilan informasi. Perpustakaan instruksional sekarang menyediakan pelanggan mereka dengan layanan informasi yang jauh lebih baik dan efektif dengan memanfaatkan teknologi informasi. Penggunaan efektif teknologi informasi untuk kegiatan manajemen informasi telah menghasilkan peningkatan kinerja perpustakaan instruksional secara keseluruhan.

Sebuah perpustakaan instruksional adalah kurangnya pusat perasaan lembaga induknya sehingga memenuhi kebutuhan pengajaran dan penelitian lembaga tersebut. Ini didirikan dengan fokus utama menyediakan penyampaian layanan informasi yang efektif bagi siswa, staf pengajar, staf administrasi dan teknis dari lembaga pengajaran. Dalam hal ini, buku teks dan jurnal notaris yang terkini dan relevan serta bahan referensi merupakan koleksi perpustakaan instruksional yang sesuai dengan kebutuhan informasi kurikulum. Di perpustakaan instruksional, lingkungan membaca yang memadai dan menyetujui harus disediakan untuk pengguna dan harus dikelola dengan baik. Singkatnya, perpustakaan instruksional mendukung pekerjaan penelitian dan melengkapi program pengajaran/pembelajaran institusi.

PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI TELUK FOURAH

Perpustakaan Universitas Fourah Bay adalah gedung tiga lantai yang terletak di tengah kampus yang menampung berbagai seksi/departemen. Fungsi/operasi dari berbagai divisi Perpustakaan semuanya ditujukan untuk satu tujuan, sehingga penyediaan layanan yang efektif dalam memenuhi kebutuhan informasi pelanggannya. Setiap departemen dipimpin oleh staf profesional yang terlatih dan berkualitas yang didukung oleh staf para-profesional dan non-profesional yang semuanya bertanggung jawab kepada Pj Pustakawan.

Lantai dasar Perpustakaan yang diperkecil menampung Koleksi dan Pengikat Sierra Leone. Koleksi Sierra Leone menampung bahan-bahan yang ditulis di Sierra Leone dan negara-negara tetangga; materi yang diterbitkan oleh Sierra Leoneans; beberapa salinan disertasi dan tesis; manuskrip, pamflet dan pamflet-file; judul-judul surat kabar lokal terpilih, Sierra Leone Gazette; Publikasi Fourah Bay College and University; majalah seperti Sierra Leone Studies, Africana Research Bulletin, Sierra Trade Journal, Sierra Leone Language Review, Historical Journal of Sierra Leone, Sierra Leone Geographical Journal; Laporan Tahunan Kamar Dagang Sierra Leone; Sierra Leone Kisah/Tagihan; Laporan CSM, Debat Parlemen dan proses Pengadilan; Laporan Tahunan berbagai kementerian dan divisi Pemerintah; dan Pidato Presiden. Melampirkan pentingnya departemen ini untuk pekerjaan penelitian, Koleksi Sierra Leone disebut sebagai warisan nasional kita. Terletak di lantai ini adalah Bindery yang merupakan Unit Efisiensi dan Ketersediaan Perpustakaan untuk ketersediaan bahan pustaka untuk menunda masa pakainya. Ini juga mengoperasikan vendor sebagai teknik menghasilkan pendapatan untuk College.

Leave a Reply

Your email address will not be published.